Erick Thohir: Evaluasi Serius Diperlukan Usai Kekalahan Timnas Indonesia dari Irak

- 7 Juni 2024, 02:15 WIB
Meski Kalah 4-0 dari Australia, Erick Thohir Puji Semangat dan Kualitas Timnas Indonesia
Meski Kalah 4-0 dari Australia, Erick Thohir Puji Semangat dan Kualitas Timnas Indonesia /PSSI/

ANAMBASTODAY - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menekankan perlunya evaluasi mendalam bagi pelatih Shin Tae-yong dan seluruh pemain Timnas Indonesia setelah kekalahan 0-2 dari Irak dalam laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada Kamis, 6 Juni 2024, disaksikan oleh lebih dari 60 ribu penonton.

"Irak bermain baik, dan kita gagal meraih poin karena gol-gol handsball serta kesalahan sendiri, termasuk kartu merah. Oleh sebab itu, pelatih dan pemain harus evaluasi karena masih ada satu peluang saat nanti melawan Filipina," ujar Erick Thohir setelah pertandingan.

Kekalahan yang Menyakitkan

Pada pertandingan yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Timnas Indonesia sebenarnya tampil cukup baik di babak pertama dengan skor imbang 0-0 hingga turun minum. Peluang emas diciptakan oleh Rafael Struick dan Sandy Walsh, namun sayangnya gagal dikonversi menjadi gol.

Namun, petaka datang di babak kedua ketika umpan lambung dari serangan Irak mengenai tangan Justin Hubner, sehingga wasit Shaun Evans memberikan penalti. Aymen Hussein sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-54. Keadaan semakin sulit bagi Indonesia setelah Jordi Amat menerima kartu merah di menit ke-62.

Kesalahan fatal dari kiper Ernando Ari yang terlalu lama menguasai bola membuat Ali Jasim berhasil merebut bola dan mencetak gol kedua untuk Irak di menit ke-87, mengunci kemenangan 2-0 untuk tim tamu.

Peluang Lolos Masih Ada

Erick Thohir tetap optimis dengan peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga. "Peluang lolos ke putaran ketiga masih ada. Lawan terakhir kita adalah Filipina pada tanggal 11 Juni. Mereka bukan tim yang bisa dianggap remeh karena kita hanya bermain imbang 1-1 saat bertandang ke sana. Filipina yang sekarang berbeda, mereka memiliki Ketua Umum baru yang ingin timnya seperti Indonesia. Jadi, kita harus melakukan evaluasi menyeluruh agar bisa meraih kemenangan dan lolos ke babak berikutnya," tegas Erick.

Evaluasi yang serius dan perbaikan dalam strategi permainan menjadi kunci bagi Timnas Indonesia untuk bangkit dari kekalahan ini dan meraih kemenangan pada pertandingan selanjutnya melawan Filipina. Dukungan penuh dari masyarakat Indonesia juga diharapkan bisa menjadi motivasi tambahan bagi tim Merah Putih untuk mencapai prestasi terbaik di ajang kualifikasi ini.***

Editor: Ade Irwan Munawar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah