Berikut ini Cara Terbaru Cek Bansos BLT El Nino, Cair DANA Rp400 ribu ke Penerima Manfaat di Bulan Desember

- 21 Desember 2023, 05:00 WIB
Cara Mengecek Data Penerima Manfaat Bantuan BLT El Nino. -f/istimewa
Cara Mengecek Data Penerima Manfaat Bantuan BLT El Nino. -f/istimewa /

ANAMBASTODAY - Bantuan langsung tunai (BLT) El Nino adalah salah satu program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino. Program ini berlangsung selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember 2023. Penerima manfaat bantuan ini akan mendapatkan Rp400.000 per bulan yang ditransfer langsung ke rekening masing-masing. 

Selain bantuan BLT El Nino, pemerintah juga memberikan bantuan beras sebanyak 10 kg per bulan kepada masyarakat yang terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau bantuan sembako. Bantuan beras ini akan disalurkan oleh Badan Pangan Nasional melalui mekanisme e-warong.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah Anda termasuk penerima manfaat bantuan BLT El Nino dan bantuan beras? Berikut adalah panduan lengkap yang dapat Anda ikuti untuk mengecek status Anda sebagai penerima bansos.

Apa Itu Bantuan BLT El Nino?

Bantuan BLT El Nino adalah program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino. Fenomena El Nino adalah kondisi anomali iklim yang menyebabkan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik meningkat, sehingga mempengaruhi pola hujan dan angin di berbagai wilayah di dunia, termasuk Indonesia.

Fenomena El Nino dapat berdampak negatif bagi sektor pertanian, perikanan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan BLT El Nino sebagai bentuk dukungan dan perlindungan sosial bagi masyarakat yang terkena dampaknya.

Bantuan BLT El Nino diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdiri dari penerima bantuan sembako. Bantuan ini diberikan selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember 2023, dengan nilai Rp400.000 per bulan per KPM. Penyaluran bantuan ini dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Siapa Termasuk Penerima Manfaat Bantuan BLT El Nino?

Penerima manfaat bantuan BLT El Nino adalah keluarga yang terdaftar sebagai penerima bantuan sembako. Bantuan sembako adalah program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat miskin dan rentan yang tidak terdaftar dalam PKH. Bantuan ini diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan per KPM yang dapat digunakan untuk membeli sembako di e-warong.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima manfaat bantuan BLT El Nino, Anda dapat mengeceknya melalui situs cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi cek bansos yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Anda juga dapat menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299 atau mengunjungi kantor Dinas Sosial setempat.

Bagaimana Cara Mengecek Data Penerima Manfaat Bantuan BLT El Nino?

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek data penerima manfaat bantuan BLT El Nino, yaitu melalui situs cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi cek bansos. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Melalui Situs Cekbansos.kemensos.go.id

- Buka situs cekbansos.kemensos.go.id di browser Anda atau [Klik Disini]
- Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan sesuai dengan alamat Anda.
- Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP) Anda.
- Ketik empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika kode huruf kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru.
- Klik "cari data".
- Jika data Anda ditemukan, Anda akan melihat informasi tentang nama, alamat, nomor KK, nomor NIK, dan status penerimaan bantuan sosial Anda, termasuk bantuan BLT El Nino dan bantuan beras. Jika kolom bantuan BLT El Nino berstatus "ya", berarti Anda termasuk penerima manfaat bantuan tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Irwan Munawar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah