5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menggunakan QRIS

- 17 April 2024, 17:13 WIB
5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menggunakan QRIS
5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menggunakan QRIS /

ANAMBAS TODAY – Bagi orang awam menggunakan QRIS mungkin masih sedikin membingungan. Apalagi ketika ditanya "Pakai QRIS apa, Kak?" atau "Pembayaran pakai QRIS transaksi minimal harus Rp10.000, Bu" atau bahkan "Pembayaran menggunakan QRIS akan ada charge Rp1.000 ya Pak". Tidak perlu bingung, pada artikel kali ini kita akan bahas lima hal yang wajib anda ketahui sebelum menggunakan QRIS.

Dilansir dari lama Bank Indonesia QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yaitu sebuah sistem pembayaran digital yang menggunakan standar QR code. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi dengan cepat, mudah, murah, aman dan andal.

Dengan QRIS, Anda tidak perlu repot-repot mengunduh banyak aplikasi pembayaran. Cukup dengan satu aplikasi, Anda dapat melakukan transaksi dengan memindai QR pembayaran apapun yang telah distandarisasi menjadi QRIS.

Itu artinya QRIS dapat memproses seluruh transaksi pembayaran menggunakan QR, meski penyelenggara QRIS yang Anda gunakan berbeda dengan penyelenggara QRIS yang digunakan oleh merchant.

 Baca Juga: Yuk Intip Eksotisnya Pesona Kepulauan Mentawai yang Dikunjungi Vokalis RHCP Anthony Kiedis

Tidak Ada Batasan Minimal Transaksi dengan QRIS, Anda dapat melakukan pembayaran dengan nilai nominal yang sangat rendah, bahkan hanya Rp1 sekalipun. Ini berarti tidak ada batasan minimal transaksi yang harus Anda khawatirkan.

Meskipun tidak ada batasan minimal transaksi, QRIS tetap membatasi nilai maksimum transaksi hingga Rp10.000.000 per transaksi.

Hal ini dilakukan untuk menjaga transaksi tetap aman dan mencegah terjadinya penyalahgunaan sistem.

Halaman:

Editor: Ade Irwan Munawar

Sumber: BI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x