Bansos November 2023: Ada BLT El Nino, PKH, dan BPNT, Ini Rinciannya

- 3 November 2023, 19:20 WIB
Bansos PKH Cair
Bansos PKH Cair /instagram/@infobansos/

ANAMBASTODAY - Pada bulan November 2023, pemerintah akan menyalurkan beberapa bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bansos ini meliputi Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), Cadangan Besar Pemerintah (CBP), dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Bansos ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak fenomena El Nino, pandemi Covid-19, dan krisis ekonomi.

 

Berikut ini adalah rincian besaran dan penyaluran bansos November 2023

Bansos BLT El Nino

Bansos ini diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam data Kementerian Sosial (Kemensos). Mereka akan mendapatkan Rp200.000 per bulan selama dua bulan, yaitu November dan Desember 2023. Total anggaran untuk bansos ini adalah Rp7,52 triliun.

Bansos PKH (Program Keluarga Harapan)

Bansos ini diberikan kepada KPM yang memiliki anggota keluarga yang berstatus balita, ibu hamil, siswa, lansia, atau penyandang disabilitas berat. Mereka akan mendapatkan bantuan sesuai dengan kategori mereka, mulai dari Rp900.000 hingga Rp3 juta per tahun. Bansos ini disalurkan dalam empat tahap, dan tahap keempat akan cair pada Oktober, November, Desember 2023.

Bansos PIP (Program Indonesia Pintar)

Bansos ini diberikan kepada siswa yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. Mereka akan mendapatkan bantuan mulai dari Rp450.000 hingga Rp1,5 juta per tahun, tergantung pada jenjang pendidikannya. Bansos ini disalurkan dalam tiga tahap, dan tahap ketiga akan cair pada November 2023.

Bansos CBP (Cadangan Besar Pemerintah)

Bansos ini berupa bantuan beras sebanyak 10 kg per bulan kepada KPM yang terdampak El Nino. Mereka akan mendapatkan bansos ini sebanyak tiga kali, yaitu pada September, Oktober, November 2023. Presiden Jokowi juga berencana untuk menambah bansos ini hingga Desember 2023.

Halaman:

Editor: Ade Irwan Munawar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah